Kamis, 13 Juni 2019

Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan TinyPNG

Terkadang Anda harus mengunggah foto hasil jepretan kamera digital atau telepon seluler ke blog Anda. Umumnya ukuran (size) foto tersebut sangat besar (dalam ukuran MB) sehingga bisa memberatkan blog Anda, terlebih bagi Anda yang menggunakan hosting berbayar.
Solusinya adalah dengan mengecilkan ukuran foto sebelum diunggah, yang bisa dilakukan secara manual atau menggunakan situs kompresi foto. Salah satu situs kompresi foto tersebut adalah TinyPNG.com.

TinyPNG bisa memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Selain itu, situs tersebut bisa mengecilkan ukuran foto dengan format PNG dan JPEG sampai 20 foto sekaligus dengan masing-masing ukuran foto sebesar maksimal 5 MB.
Jika Anda tertarik memperkecil ukuran foto dengan TinyPNG, berikut tahap demi tahapnya.
1. Kunjungi TinyPNG.com.
2. Setelah berada di halaman depan TinyPNG, klik tombol upload foto.
Tombol upload foto
3. Pilih foto yang akan Anda perkecil ukurannya. Pada contoh di bawah ini saya memilih sebuah foto dengan ukuran 4.667 KB.
Contoh foto yang akan diubah ukurannya
4. Anda akan melihat proses pengunggahan (uploading) dan kompresi (compressing) foto.
Kompresi foto
5. Setelah kompresi foto selesai, Anda akan melihat persen kompresi. Pada contoh di bawah ini, foto dikompresi sebesar 84% yaitu dari 4,8 MB menjadi 768 KB.
Contoh persen kompresi foto
6. Unduh foto yang sudah dikecilkan dengan mengklik tautan download.
Download foto
7. Pada notifikasi yang muncul, klik OK untuk menyimpan foto tersebut.
Simpan file foto
8. Lihat foto yang telah diunduh dan disimpan. Jika Anda menggunakan browserMozill Firefox, contoh melihatnya seperti di bawah ini.
Lihat foto
TinyPNG merupakan salah satu situs bermanfaat untuk memperkecil ukuran foto secara mudah. Oleh karena itu, cobalah Anda menggunakan situs tersebut untuk mengecilkan ukuran foto/gambar yang hendak digunakan di blog Anda atau untuk tujuan lain. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar