Kamis, 13 Juni 2019

Cara Menghapus Pelanggan Tidak Aktif di GetResponse

Berbicara mengenai list building, semakin banyak pelanggan semakin bagus? Tidak selalu. Mengapa?
Karena mungkin saja banyak pelanggan tidak aktif, yaitu pelanggan yang tidak pernah membaca satu pun email Anda, entah itu autoresponder maupun newsletter (broadcast).
Solusinya? Anda mesti menghapus mereka dari daftar pelanggan Anda.

Sebagai contoh, saya menghapus lebih dari 5.400 pelanggan Blogodolar yang tidak aktif. Jika tidak dihapus, saya mesti membayar $149 per bulan pada GetResponse untuk 14.000 lebih pelanggan.
Pelanggan Blogodolar yang dihapus
Tentu saja, cara menghapus pelanggan tidak aktif bergantung software email marketing yang digunakan. Jika Anda menggunakan GetResponse, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.
1. Log in ke akun GetResponse Anda.
2. Pada fitur Contacts, pilih Search Contacts.
Search Contacts
3. Klik Advanced search.
Advanced search
4. Pilih Campaign, Autoresponder sequence, dan Subscription date. Pada contoh ini, saya akan menghapus pelanggan tidak aktif dari 1 Maret 2016 s.d 30 Mei 2016. Setelah itu, klik Add Condition.
Campaign dan add condition
5. Pada bagian Add condition yang muncul, pilih Message not opened, all, dan Never. Setelah itu, pilih all pada Match.
Kriteria condition
6. Klik Show Contacts.
Show contacts
7. Anda akan melihat daftar pelanggan yang tidak aktif. Pada contoh ini, nama-nama pelanggan ditutupi sebagian demi privasi.
Daftar pelanggan tak aktif
8. Lihat kanan bawah daftar tersebut. Pada Show rows, pilih jumlah yang Anda kehendaki. Sebagai contoh, saya memilih 250 agar pelanggan tidak aktif yang berjumlah 174 terlihat semuanya.
Show rows
9. Kembali ke bagian kiri atas daftar pelanggan, lalu pilih Choose All.
Pelanggan tak aktif terpilih
10. Gulung layar komputer Anda ke bawah. Pada bagian Actions, pilih Remove from account untuk menghapus semua pelanggan tidak aktif terpilih dari akun GetResponse Anda.
Hapus dari akun GetResponse
11. Klik OK pada notifikasi yang muncul.
Pilih OK
12. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat bahwa pelanggan tidak aktif terpilih sudah dihapus.
Pelanggan tidak aktif merupakan pelanggan yang tidak bernilai untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda mesti menghapus mereka secara reguler (misalnya 2 bulan sekali) agar jumlah pelanggan Anda menjadi “lebih sehat”. Untuk menghapusnya, cobalah langkah-langkah di atas jika Anda menggunakan GetResponse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar