Rabu, 12 Juni 2019

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Pertama Kali

Google Keyword Planner Keyword Planner adalah salah satu perangkat gratis yang biasa digunakan blogger untuk riset kata kunci (keyword research). Sayangnya, perangkat ini tidak ramah bagi orang yang pertama kali menggunakannya.
Alih-alih mengetahui sejumlah kata kunci, orang tersebut akan “terjerumus” ke halaman membuat kampanye iklan AdWords pertama. Heran, pusing, dan kesal biasanya akan dialami oleh mereka yang masuk ke halaman tersebut.
Bagaimana tidak, tujuannya ingin mengetahui volume pencarian suatu kata kunci dan kata-kata kunci relevannya, malah seolah-olah “disuruh” membuat kampanye iklan yang mesti dibayar menggunakan kartu kredit.

Oh ya, contoh halaman yang saya maksud seperti ini.
Kampanye iklan Adwords pertama
Nah, bagi Anda yang akan menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali dan tidak ingin “terjerumus” ke halaman di atas, ikuti langkah-langkah berikut.
1. Kunjungi Google Keyword Planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)
2. Klik Sign in lalu masukkan alamat dan password Gmail Anda.
Sign in ke Keyword Planner
3. Anda akan melihat halaman Welcome to Google AdWords. Di sinilah kuncinya yaitu dengan mengklik Skip the guided setup.
Klik skip the guided setup
Ingat, jangan tekan tombol Continue karena Anda akan masuk ke halaman pembuatan kampanye iklan AdWords.
4. Pada halaman yang muncul, masukkan kembali alamat Gmail Anda. Negara, zona waktu, dan mata uang adalah opsional. Setelah itu, klik tombol Save and continue.
Masukkan kembali nama email
5. Klik  Tools dan pilih Keyword Planner.
Keyword Planner Tools
6. Klik Get search volume data and trends.
Get search volume data
7. Ketik kata kunci yang ingin Anda cek volume pencariannya. Bisa lebih dari satu dalam sekali pengecekan. Pada bagian Targeting negara, pilih Indonesia. Lanjutkan dengan mengklik Get search volume.
Ketik kata kunci dan pilih Targeting
8. Lihat hasil yang muncul. Contohnya di bawah ini.
Tampilan Keyword Ideas
9. Untuk mengecek kata kunci lain, ketik kata kunci tersebut di kotak Enter keywords lalu klik Get search volume.
Demikianlah tips singkat menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali dengan tujuan riset kata kunci. Bagi Anda yang sudah “terjerumus” ke halaman kampanye iklan AdWords, solusinya adalah dengan membuat Gmail baru.
Setelah memiliki Gmail baru, lakukan tahap-tahap di atas. Tidak sulit, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar